TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA
“Tugas 4, Kolaborasi
Antarmuka Otomotif Multimedia ”
Kolaborasi
Antarmuka Otomotif Multimedia
1.
Pengertian
Kolaborasi
antar muka ototmotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk
menciptakan standarisasi dunia yang
digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja.
Contoh Komputer dan alat komunikasi
kendaraan atau computer dan radio dalam mobil.
2.
Penjelasan
Setiap
alat elektronik itu harus dapat bekerja dengan selaras sehingga kendaraan dapat
lebih handal. Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok
dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bias saja
mengganggu system keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah
kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Sejarah AMIC
The Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan
tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan,
kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile
ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan,
biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda
penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka
multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C)
memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya
standardisasi.
Depan yang berbeda, The
Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia
cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394
AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA :
o
AMI-C 3023 Power Management
Specification
o AMI-C 3013 Power Management Architecture
o
AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set
Power Management
o
AMI-C 3034 Power Management Test
Documents
o
AMI-C 4001 Revision Physical Speci
.cation.
3.
Contoh kelebihan dan kekurangan
§ KELEBIHAN
AMI-C
Menyediakan
interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang pengendara kendaraan
(mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media, komputer,
perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang biasa digunakan
pada telepon selular, termasuk pengenalan suara sintesis yang berfungsi untuk
komunikasi jarak dekat untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC)
sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti
airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output. Meningkatkan berbagai macam
pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi keusangan
sistem elektronik kendaraan.
Memotong
biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan
hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu
pengembangan industri otomotif efektif.
Karena banyak jumlah kendaraan yang sering mengandung berbagai adat
mengembangkan komponen dan platfor yang khas hanya sekitar 50.000 unit. Menawarkan
standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface dalam kendaraan dan
antara kendaraan dengan dunia luar.
§ KEKURANGAN
AMI-C
Dengan system AMIC ini
harga jual dari kendaraan yang terdapat pada system ini pasti di jual dengan
harga mahal.
4.
Saran
Pada dasarnya kolaboasi
antarmuka otomotif multimedia itu sendiri adalah sebuah organisasi yang mana
organisasi ini dibentuk guna menciptakan standarisasi dunia yang digunakan
dalam mengatur bagaimana sebuah perangkatelektronik dapat bekerja sebagaimana
yang diharapkan. Dimana setiap alat elektronik ini harus dapat bekerja dengan
selaras sehingg kendaraan dapat lebih handal ketika digunakan.
Sebelum memasang perangkat ini, alangkah baiknya
untuk terlebih dahulu mencocokkan dengan jenis atau tipe kendaraan yang
digunakan, karena pada dasarnya belum tentu perangkat yang akan dipasang akan
selalu cocok dengan kendaraan yang digunakan, karena itulah perlu dibuat
standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Sumber :
http://veny-tioanah.blogspot.com/2015/01/ami-c-automotif-multimedia-interface.html
http://imammulya21.wordpress.com/2009/12/04/middleware-telematika/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/middleware-telematika-
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/middleware-telematika-6/
http://taarahay.blogspot.com/2012/11/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
http://kaka-isenkdoank.blogspot.com/2012/12/bagaimana-fungsional-kolaborasi.html
http://nopitaliagian.blogspot.com/2013/11/tugas-3-softskill-kolaborasi-antarmuka.html
"Selamat siang Bos 😃
BalasHapusMohon maaf mengganggu bos ,
apa kabar nih bos kami dari Agen365
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Silahkan di add contact kami ya bos :)
Line : agen365
WA : +85587781483
Wechat : agen365
terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"